Skrip bash untuk memasang root pada Xperia L dengan firmware 15.3.A.1.12 di Linux

Beberapa hari yang lalu saya memperbarui firmware ponsel Xperia L ke 15.3.A.1.12 melalui PC Companion di PC kantor yang dipakai teman. Memasang root pada ponsel untuk ngihik hukumnya adalah wajib, haram kalau tidak! Saat mencoba memasang root di PC kantor yang saya pakai dengan DooMLord Easy Rooting Toolkit ternyata gagal. Entah kesalahannya di mana, yang jelas ponsel saya tidak bisa dipasang root. Agak frustasi juga sudah berulang kali mencoba tetap saja gagal.

Singkat kata, saya berhasil menemukan rooting toolkit untuk firmware 15.3.A.1.12 setelah jalan-jalan di forum XDA. Namun celakanya toolkit yang saya unduh tidak tersedia skrip bash, yang ada hanya skrip batch untuk Windows. Sementara PC yang saya pakai hanya terpasang Linux, laptop ada Windows tapi malas untuk reboot. Masa saya harus ngrusuhi PC yang dipakai teman untuk hal yang mudah begini? Doh!

Seorang Gogon tidak boleh menyerah! Kudu buat skrip bash untuk memasang root di Linux! Dengan macak layaknya progremer (padahal gagal jadi progremer) saya nyetater editor Kate untuk membuat skrip. Karena sudah tersedia berkas batch untuk memasang root, pembuatan skrip bash tidak perlu memakan waktu yang lama. Tinggal contek saja. Hehehehe… 😀

Pada akhirnya saya berhasil memasang root di ponsel dengan skrip bash buatan saya sendiri, meski itu hasil contekan berkas batch Windows.

Screenshot_2014-01-03-09-43-22

Bagi yang punya ponsel Xperia L dan mau memasang root di Linux silakan unduh saja Xperia L Rootkit di https://github.com/go2n/Xperia-L-Rootkit

Diujicoba pada:

  • Linux: openSUSE 12.3 64 bit
  • Ponsel: Xperia L C1025
  • Android: 4.2.2
  • Build number: 15.3.A.1.12

[UPDATE] Nomor Model Ponsel: Xperia L C2105

=-=-=-=-=
Powered by Blogilo