Ujicoba ownCloud client versi 1.5.0rc1

Kali ini saya iseng membangun paket ownCloud client 1.5.0rc1 untuk Arch Linux. Pada saat kompilasi ternyata saya mengalami kegagalan. Kegagalan tersebut dikarenakan compiler tidak menemukan header keychain.h. Ternyata untuk ownCloud client versi 1.5.0rc1 ada dependensi baru yaitu paket qtkeychain.

Demi mensukseskan pembangunan paket ownCloud client 1.5.0rc1 (halah) perlu ditambahkan qtkeychain pada array makedepends di PKGBUILD. Setelah dependensi qtkeychain ditambahkan pasti pembangunan paket sukses. Ha mbok tenin! Oh iya sebelumnya saya membangun dan memasang paket ocsync versi 0.91.3 terlebih dahulu.

Ada yang berbeda saat saya menjalankan ownCloud client 1.5.0rc ini. Jika sebelumnya tidak ada kotak dialog untuk memasukkan password akun ownCloud, maka sekarang ada kotak dialog tersebut seperti gambar berikut.

snapshot197.png

Hasil tangkapan layar dari jendela pengaturan ownCloud 1.5.0rc1:

snapshot199

Pada ownCloud 1.5.0rc1 ini ada penambahan fitur baru, yaitu activity yang berguna untuk menampilkan aktifitas sinkronisasi.

snapshot200

Bagi yang berminat mencoba membangun ownCloud client 1.5.0rc1 di mesin Arch Linux, Manjaro atau Chakra Linux silakan unduh PKGBUILD yang saya buat di https://github.com/go2n/archlinux-pkgbuild/tree/master/owncloud-client-testing 😀

=-=-=-=-=
Powered by Blogilo